BNPB desak rumah sakit BUMN, TNI dan Polri segera dioptimalisasi - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Sunday, 22 March 2020

BNPB desak rumah sakit BUMN, TNI dan Polri segera dioptimalisasi


Jakarta, ZONASATUKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Letjen TNI  Doni Monardo mendesak agar rumah sakit-rumah sakit milik BUMN, TNI, dan  Polri di daerah-daerah segera dioptimalisasi.

"Rumah sakit-rumah sakit pusat yang ada di daerah yakni milik TNI, Polri dan BUMN untuk sesegera mungkin dioptimalisasi dan disiapkan dengan baik," ujar Doni di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/1/2020).

Doni mengatakan bahwa terkait situasi-situasi terakhir ini di mana adanya peningkatan jumlah masyarakat yang positif Corona, pemerintah mengambil langkah prioritas dengan mengoptimalkan semua sumber daya nasional baik yang ada di pusat maupun di daerah.

Dengan demikian seluruh kepala gugus tugas dalam hal ini adalah gubernur, bupati dan walikota yang mana wakilnya merupakan unsur-unsur dari TNI-Polri yaitu Pangdam dan Kapolda maka harus bisa melakukan perencanaan dengan baik, kata Doni dalam konferensi pers rumah sakit darurat corona.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran akan fokus menangani pasien yang memiliki gejala ringan sehingga rumah sakit rujukan lainnya bisa fokus menangani mereka yang gejalanya berat.

Dengan memfokuskan diri kepada pasien yang kondisi gejala ringan, maka diharapkan rumah sakit rujukan lainnya bisa fokus menangani pasien-pasien yang gejalanya sedang ke berat.

Menkes juga memaparkan bahwa di rumah sakit atau Wisma Atlet Kemayoran ini bisa digunakan untuk menampung isolasi bagi ribuan kamar untuk mereka yang terpapar gejala ringan.

"Kami menyiapkan ribuan kamar untuk bisa melewati masa-masa sakit ringan mereka dengan baik," katanya.

Ia juga mengemukakan bahwa lebih baik bagi rumah sakit yang menyeleksi mana yang layak untuk diisolasi ke rumah sakit darurat tersebut.

Editor: Wawan
Foto: -
Sumber: Ant

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?