Cegah COVID-19, Sosiolog ingatkan Penjarakan Fisik perlu lebih disosialisasikan - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 26 March 2020

Cegah COVID-19, Sosiolog ingatkan Penjarakan Fisik perlu lebih disosialisasikan


Jakarta, ZONASATUSosiolog yang juga dosen Universitas Indonesia Imam B Prasodjo mengatakan penjarakan fisik untuk mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19 perlu lebih banyak disosialisasikan.

"Jaga jarak perlu dilakukan terutama untuk mencegah percikan-percikan yang terjadi saat kita batuk, bersin, bahkan berbicara mengenai tubuh kita," kata Imam saat dihubungi di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Imam mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang akrab sehingga penjarakan fisik untuk mencegah penyebaran COVID-19 menjadi sesuatu hal yang aneh.

Dalam setiap kesempatan, masyarakat Indonesia terbiasa berkumpul dan bersilaturahmi sehingga penularan COVID-19 sangat mudah terjadi.

"Penularan COVID-19 tidak hanya bisa terjadi melalui batuk atau bersin saja. Virus corona juga bisa berpindah dari seorang perokok yang mengisap dan mengembuskan asap rokoknya," tuturnya.

Apalagi, para perokok juga sering bersosialisasi dengan merokok bersama-sama. Hal itu membuat virus corona semakin mudah terjadi.

"Padahal para ahli sudah banyak menyampaikan bahwa merokok meningkatkan risiko tertular virus corona. Seharusnya wabah virus corona ini juga bisa menjadi momentum para perokok untuk berhenti merokok," katanya.

Editor: Kasiono
Foto: -
Sumber: Ant

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?