Kemasan makanan bagi Tenaga Medis harus baru dan tertutup rapih - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Saturday, 28 March 2020

Kemasan makanan bagi Tenaga Medis harus baru dan tertutup rapih


Jakarta, ZONASATUMaster Chef Indonesia Judge Degan Septoadji mengingatkan agar makanan-makanan yang akan didonasikan kepada para tenaga medis yang menangani pasien penderita COVID-19 harus dikemas dengan wadah yang baru, bersih dan tertutup rapat serta rapih.

"Pengemasan atau packaging makanan juga sangat penting. Kita harus memastikan bahwa packaging makanan tersebut bersih," ujar Chef Degan Septoadji di Graha BNPB, di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan bahwa untuk wadah atau kemasan, misalnya kalau menggunakan styrofoam haruslah menggunakan styrofoam yang baru dan jangan pakai yang bekas.

Kemudian wadah atau kemasan makanan yang akan didonasikan bagi tenaga medis haruslah ditutup atau disegel dengan benar dan rapih.

"Siapa saja yang akan membungkus makanan tersebut harus dalam kondisi bersih dan menjaga kebersihan dirinya, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan sarung tangan dan masker, kalau bisa rambut ditutup dengan cap atau penutup rambut," kata Master Chef Indonesia Judge tersebut.

Selain itu, menurut dia, mereka yang mengantarkan makanan tersebut juga harus dalam kondisi bersih dan rajin mencuci tangannya.

"Semua alat-alat untuk memasak juga harus dibersihkan setiap saat, jangan sampai satu alat terus menerus dipakai untuk memasak selama berjam-jam tanpa dibersihkan," ujarnya.

Sebelumnya Master Chef Indonesia Judge Degan Septoadji menyarankan agar makanan-makanan yang didonasikan untuk mendukung tenaga medis yang berjuang melawan COVID-19 haruslah seimbang dari segi nutrisi.

Chef Degan juga menambahkan bahwa yang juga penting adalah cara memasaknya, jadi jangan semua bahan masakan digoreng. semua dilakukan secara seimbang di mana ada masakan ada yang digoreng, dikukus dan juga dipanggang. "Ini semua istilahnya metode memasak atau cooking method yang sehat," katanya.


Degan Septoadji menyebut bahan makanan berunsur protein yang bisa disimpan dalam waktu lama selama kegiatan working from home  bekerja di rumah adalah telur. "Untuk protein yang gampang disimpan adalah telur," ujarnya

Dia juga menambahkan bahwa agar lebih awet, maka telur tersebut harus selalu disimpan di dalam kulkas.

Selain itu, sembilan bahan pokok atau sembako, seperti beras atau kentang, gula dan sebagainya mudah disimpan dan merupakan bahan-bahan makanan yang paling utama dibutuhkan selama bekerja di rumah.
Sedangkan untuk sayuran yang mudah disimpan, menurut Master Chef Indonesia Judge itu, bervariasi yakni tomat atau sayuran-sayuran lainnya.

"Ada juga beberapa sayuran yang bisa dibeli dalam keadaan beku atau frozen, terdapat beberapa jenis sayuran beku yang bagus dan bisa disimpan dalam waktu lama," kata Chef Degan Septoadji.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menyebut langkah social distancing atau menjaga jarak antar satu dengan yang lain menjadi hal yang paling penting dilakukan dalam situasi mewabahnya virus corona (COVID-19).

Presiden mengatakan, dengan kondisi tersebut maka sudah saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah serta beribadah di rumah.

Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat bekerja sama, saling tolong menolong, bersatu padu, bergotong-royong menangani COVID-19.

Presiden juga meminta adanya meningkatkan pelayanan pengetesan COVID-19 dan meningkatkan pengobatan dengan menggunakan RSUD dan RS swasta dan lembaga riset serta pendidikan tinggi yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan.

Editor: Wawan
Foto: -
Sumber: Ant

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?