Prioritas Distribusi APD menjadi Kewenangan Gugus Tugas Daerah - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 27 March 2020

Prioritas Distribusi APD menjadi Kewenangan Gugus Tugas Daerah


Jakarta, ZONASATUPerwira Pembantu Utama (Paban) IV/Operasi Dalam Negeri, Staf Operasi TNI, Kolonel Inf. Aditya Nindra Pasha menyatakan bahwa prioritas pendistribusian alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien virus Corona atau COVID-19, menjadi tanggung jawab Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di tingkat daerah.

"Prioritas distribusi APD yang ada di setiap daerah itu menjadi wewenang dari gugus tugas daerah," ujar Kolonel Inf. Aditya dalam keterangan persnya di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Diketahui, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional sudah mulai mendistribusikan 151 ribu APD ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Aditya menjelaskan, proses pendistribusian APD di tiap-tiap provinsi akan dikoordinir oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat daerah, untuk memastikan agar penyaluran alat kelengkapan tepat sasaran.

"Seperti yang saya sampaikan tadi, Gugus Tugas daerah memiliki data tentang spot-spot atau wilayah-wilayah mana yang sangat membutuhkan," ujar mantan Komandan Brigade Infanteri 24/Bulungan Cakti, Kodam VI/Mulawarman ini.

Dengan skema "satu pintu" tersebut, diharapkan proses pendistribusian APD bisa langsung menjangkau tenaga medis atau rumah sakit yang membutuhkan.

Lebih lanjut, mantan Komandan Kodim 0507/Bekasi ini pun meminta agar tenaga medis ataupun rumah sakit juga menjalin komunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerahnya masing-masing guna memastikan memperoleh APD yang telah didistribusikan oleh Pusat.

"Dari rumah sakit-rumah sakit yang ada di daerah bisa berkomunikasi kepada Gugus Tugas daerah, sehingga mereka bisa mendapatkan alokasi dari APD yang sudah didistribusikan itu," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 203/Arya Kamuning, Kodam Jaya ini.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah menyiapkan 170 ribu APD, di mana 151 ribu APD di antaranya telah mulai didistribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Adapun stok cadangan nasional APD yang tersedia saat ini berjumlah sekitar 19 ribu APD.

Editor: Kasiono
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close