Untuk tangani COVID-19, Wapres minta Pemda optimalkan fungsi Lurah - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 18 March 2020

Untuk tangani COVID-19, Wapres minta Pemda optimalkan fungsi Lurah


Jakarta, ZONASATUWakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pemerintah daerah mengoptimalkan fungsi lurah untuk menyosialisasikan imbauan-imbauan pemerintah pusat kepada masyarakat di daerah, sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kita harapkan pemerintah daerah memfungsikan lurah ini, karena kita ini kan punya struktur sampai ke bawah, oleh karena itu kita ingin mengefektifkan agar upaya penanganan dan pemahaman kepada masyarakat dilakukan sampai ke tingkat yang paling bawah," kata Ma'ruf Amin di kediaman dinas wapres Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Keterlibatan pemerintah dan perangkat di daerah menjadi penting diutamakan saat ini karena masih ada masyarakat yang abai terhadap imbauan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang, kata Ma'ruf.

"Ini yang sedang dilaksanakan, kerja sama dengan pemerintah-pemerintah daerah supaya lebih siap menghadapi kondisi daerahnya menggunakan struktur yang ada," ujarnya menambahkan.

Upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah dalam menangani penyebaran COVID-19 di daerah antara lain dengan melakukan pemeriksaan dan penelusuran terhadap warganya yang masuk kategori orang dalam pengawasan hingga yang berstatus positif COVID-19.

"Orang dalam pemantauan itu memang orang-orang yang seperti tidak merasa bahwa dia itu sebenarnya sudah terpapar dan berpotensi menularkan. Jadi mereka harus juga diisolasi supaya tidak memberikan penularan kepada orang lain," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto melaporkan hingga Rabu di Indonesia terdapat 227 kasus positif COVID-19 dan 11 pasien diizinkan pulang.

Editor: Indarti
Foto: -
Sumber: Ant

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


UNESCO menyebutkan Indonesia berada diurutan nomor dua dari bawah soal literasi dunia yang berarti penduduk Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah yaitu 0,001% atau dari 1.000 orang hanya 1 orang yang rajin membaca. Yuk, perkaya literasi dan biasakan membaca sampai selesai.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?