Gubernur Anies Perpanjang PSBB di Jakarta higga 22 Mei Mendatang - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 22 April 2020

Gubernur Anies Perpanjang PSBB di Jakarta higga 22 Mei Mendatang


Jakarta, ZONASATUPemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memperpanjang penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 22 Mei mendatang. Perpanjangan PSBB sendiri disampaikan langsung oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Menurut Anies, memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dikarenakan masih banyaknya penyebaran Corona (COVID-19) di Jakarta. Bahkan pihaknya telah mendiskusikan keputusan tersebut dengan beberapa para ahli. Masukan para ahli menjadi pertimbangan bagi Pemprov untuk melanjutkan PSBB tersebut.

"Dan dengan kondisi itulah, maka Pemprov DKI Jakarta dengan mendengar pandangan para ahli di bidang penyakit menular, dan juga diskusi yang dilakukan Dinas Kesehatan. Maka kami memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan PSBB, diperpanjang 28 hari. Artinya, PSBB kedua ini dimulai tanggal 24 April sampai dengan 22 Mei 2020," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu,(22/04/2020)

Lebih lanjut Anies menjelaskan, pemerintah provinsi mengambil inisiatif tersebut dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona. Pemprov DKI juga melihat masih ada potensi penyebaran sehinga PSBB diperpanjang.

Anies menyebut dalam PSBB gelombang dua ini Pemprov DKI dan aparat keamanan TNI-Polri akan memberlakukan sanksi bagi pelanggar PSBB, masyarakat tidak lagi diberi imbauan dan edukasi melainkan sanksi tegas.


"Sekarang adalah fase penegakan. Karena itu, di hari-hari ke depan semua yang melanggar tidak akan diberi peringatan lagi, tapi akan langsung ditindak. Dan itu artinya kami imbau semua jangan sampai ditindak. Kerjakan yang menjadi kewajiban selama PSBB ini dengan sebaik-baiknya," tegas Anies.

Karena itu, ia berharap, masyarakat dapat mematuhi seluruh anjuran yang telah disampaikan oleh pemerintah. Dengan demikian, penyebaran virus ini dapat dihentikan secara total.

"Seperti kata Pak Presiden, kunci keberhasilan PSBB, kedisiplinan semua pihak menjalankan," ujarnya.

Seperti diketahui, mulanya Anies Baswedan Anies mengirim surat ke Terawan Agus Putranto guna meminta restu penerapan PSBB di DKI Jakarta. Merujuk pada PP Nomor 21 Tahun 2020, kepala daerah yang ingin menerapkan PSBB harus meminta izin ke Menkes. Selanjutnya, Menkes pun berkonsultasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nasional mengenai ajuan kepala daerah tersebut.

Setelah melalui beberapa proses revisi, pengajuan dari DKI itu akhirnya disetujui. Terawan meneken surat persetujuan PSBB di DKI. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/239/2020.

Menyusul penerapan PSBB di Jakarta, sejumlah daerah sekitar ibu kota turut menerapkan PSBB: Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang atau Jabodetabek.

Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Depok telah menggelar PSBB sejak Rabu, 15 April 2020. Sementara itu Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten dan Kota Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan menerapkannya mulai Sabtu, 18 April 2020.

Editor: Indarti
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?