Panglima TNI kembali Lakukan Mutasi dan Promosi Jabatan 27 Perwira Tinggi - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 1 April 2020

Panglima TNI kembali Lakukan Mutasi dan Promosi Jabatan 27 Perwira Tinggi


Jakarta, ZONASATU -  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan terhadap 27 Perwira Tinggi (Pati) TNI. Mereka terdiri atas 19 Pati TNI AD dan 8 Pati TNI AL.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/355/III/2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Sebanyak 27 perwira tinggi yang dimutasi terdiri atas 19 Pati TNI AD dan 8 Pati TNI AL.

”Mutasi jabatan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Di matra TNI AD, pati yang berganti jabatan yakni Wakasad Letjen Tatang Sulaiman dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Panglima TNI kemudian menunjuk Asops Kadas Mayjen Moch Fachruddin menjadi Wakasad menggantikan Letjen Tatang Sulaiman. Dengan menjabat Wakasad pangkat Mayjen Fachruddin bakal naik menjadi Letjen.

Jabatan Asops Kasad nantinya diisi Koorsahli Kasad Mayjen TNI Surawahadi. Posisi Koorsahli Kasad kemudian dijabat Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi dari Pangdam V Brawijaya.

selain itu Brigjen TNI Sugeng Sutrisno. Anggota Pokkimiltama Mahkamah Agung (MA) ini telah resmi menjabat Hakim Agung MA.

Panglima TNI selanjutnya menunjuk Brigjen TNI Weni Okianto yang saat ini menjabat Kadilmilti II Jakarta MA untuk menggantikan Sugeng sebagai anggota Pokkimiltama MA.

Di lingkungan peradilan militer, Sugeng dikenal sebagai jenderal tegas. Dia pernah membuat terobosan hukum yang cukup menyita perhatian masyarakat. Salah satunya menetapkan cairan blue safir masuk golongan narkotika dalam persidangan dengan terdakwa Dandim Makassar Kol Jeffry. Padahal ketika itu, blue safir belum diatur dalam permenkes.

Sugeng mengakui pernah memutus perkara anak dari pejabat TNI senior yang memohon agar anaknya jangan dipecat. Namun, karena terbukti bersalah, sang anak itu tetap dipecat.

“Hakim militer dalam peradilan tidak harus tunduk kepada pimpinan, tapi kepada Tuhan. Hakim tidak boleh terpengaruh oleh para pihak, termasuk pimpinan, selama proses penegakan hukum. Pimpinan juga tidak boleh memberikan sanksi kepada hakim militer jika putusannya tidak sesuai dengan keinginan mereka,” kata Sugeng dikutip dari laman Komisi Yudisial.

Hakim Militer Utama ini tercatat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai hakim agung MA di DPR. Pada Kamis (23/1/2020) Komisi III DPR menggelar rapat pleno dan mengumumkan nama-nama calon hakim agung. Salah satunya, Sugeng.

Dalam mutasi kali ini, Panglima TNI juga mengganti Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman. Dia dimutasi sebagai Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun. Asisten Operasi KSAD Mayjen TNI Moch Fachruddin selanjutnya dipromosikan sebagai Wakil KSAD.

Berikut 19 Pati TNI AD yang dimutasi  :  

1. Letjen TNI Tatang Sulaiman dari Wakasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun),
2. Mayjen TNI Moch. Fachruddin, S.Sos. dari Asops Kasad menjadi Wakasad,
3. Mayjen TNI Surawahadi dari Koorsahli Kasad menjadi Asops Kasad,
4. Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi dari Pangdam V/Brw menjadi Koorsahli Kasad (Validasi Orgas),
5. Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M. dari Aspam Kasad menjadi Pangdam V/Brw,
6. Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dari Pangdam IM menjadi Asintel Kasad (Validasi Orgas),
7. Mayjen TNI Hassanudin, S.IP., MM. dari Asrena Kasad menjadi Pangdam IM,
8. Mayjen TNI Benny Octaviar, MDA. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, 9. Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, SH, MH, dari Anggota Pokkimiltama Mahkamah Agung menjadi Hakim Agung Mahkamah Agung,
10. Brigjen TNI Weni Okianto, SH., MH. dari Kadilmilti II Jakarta Mahkamah Agung menjadi Anggota Pokkimiltama Mahkamah Agung,
11. Brigjen TNI Dr. Slamet Sarwo Edy, SH, MH. dari Panmudpidmil Mahkamah Agung menjadi Kadilmilti II Jakarta Mahkamah Agung.
12. Brigjen TNI Hendrasto Joko Saksono, SE, MM. dari Ses Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Asrena Kasad,
13. Brigjen TNI Abdul Rahman Made, S.IP, M.Si. dari Dirmat Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Ses Ditjen Kuathan Kemhan,
14. Brigjen TNI Heru Sudarminto, S.IP, M.Sc. dari Waasrena Kasad menjadi Dirmat Ditjen Kuathan Kemhan,
15. Brigjen TNI Broto Guncahyo, S.Sos, M.Tr. (Han) dari Irops Itjen TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun),
16. Kolonel Kav Erwin Djaniko, S.Sos. dari Pamen Denma Mabesad menjadi Wasrena Kasad Bid. Ren (Validasi Orgas),
17. Kolonel Czi Adisura Firdaus Tarigan dari Paban I/Jakrenstra Srenad menjadi Waasrena Kasad Bid. Dal (Orgas Baru),
18. Kolonel Inf Mukhlis dari Paban II/Jemen Srenad menjadi Waasrena Kasad Bid. Jemen dan RB (Orgas Baru).
19. Kolonel Inf Fauzi Rusli, SH. dari Irut Ter Itops Itjen TNI menjadi Irops Itjen TNI,

8 (delapan) Pati TNI AL, yaitu :

1. Laksda TNI Ir. Fery Sidjaja, MM. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), 2. Laksma TNI Tatit E. Witjaksono, SE, M.Tr. (Han) dari Wadan Seskoal menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI,
3. Laksma TNI M. Zainudin, S.H., M.M. dari Iropslat Itjenal Mabesal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun),
4. Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud. dari Wadan Kodiklatal menjadi Pati Mabes TNI AL (Meninggal Dunia),
5. Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M. dari Danpasmar 3 Kormar menjadi Wadan Kodiklatal,
6. Kolonel Laut (P) Imam Musani, SE, M.Si. dari Dirdik Seskoal menjadi Wadan Seskoal,
7. Kolonel Laut (P) Aswoto Saranang dari Pamen Sahli Kumhan Pati Sahli Kasal Bid. Soskumdang menjadi Iropslat Itjenal Mabesal,
8. Kolonel Mar Edi Juardi dari Wakapusjapermildas TNI menjadi Danpasmar 3 Kormar.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: Puspen TNI

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close