Presiden Jokowi dan Presiden Trump sepakat Tingkatkan Kerjasama Alkes dalam Penanganan COVID-19 - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Saturday, 25 April 2020

Presiden Jokowi dan Presiden Trump sepakat Tingkatkan Kerjasama Alkes dalam Penanganan COVID-19


Jakarta, ZONASATUPresiden RI, Joko Widodo melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Jumat, 24 April 2020 pukul 20.00 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pembicaraan tersebut, kedua kepala negara ini melakukan tukar pikiran mengenai penanganan virus Corona atau COVID-19.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja sama pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan COVID-19.

Keduanya juga bertukar pikiran mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis seperti ventilator, APD, dan masker sebagaimana dialami oleh semua negara.

Mengenai ventilator, Presiden Trump menjelaskan mengenai upaya pembuatan ventilator di negaranya dan menyampaikan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara.

Dalam pembicaraan itu, kedua pemimpin negara juga saling menyampaikan dukacita kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat COVID-19.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Trump juga sepakat untuk memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi akibat COVID-19.

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.

Sebelum pembicaraan melalui telepon, Presiden Trump telah menulis surat ucapan dukacita atas meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah mendengar pernyataan dari pejabat Department of Homeland Security dari pemerintah Amerika Serikat terkait penelitian terhadap virus korona atau Covid-19. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa suhu udara, sinar matahari, dan tingkat kelembapan udara, sangat memengaruhi kecepatan kematian virus COVID-19 di udara dan di permukaan yang tidak berpori.

“Semakin tinggi temperatur, semakin tinggi kelembapan, dan adanya paparan langsung sinar matahari akan semakin memperpendek masa hidup virus COVID-19 di udara dan di permukaan yang tidak berpori,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, pada Jumat, 24 April 2020.

Menurut Presiden kabar tersebut merupakan berita menggembirakan bagi Indonesia yang beriklim tropis dengan suhu yang panas, udara lembap, dan kaya sinar matahari. Meski demikian, Presiden mengingatkan agar masyarakat terus menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara disiplin.

“Namun demikian, jangan lupa protokol pencegahan penularan Covid-19 harus terus kita jalankan dengan disiplin yang kuat. Satu, cuci tangan, selalu cuci tangan. Kedua, selalu menggunakan masker. Ketiga, jaga jarak. Keempat, tingkatkan imunitas, tingkatkan daya tahan tubuh,” katanya.

Editor: Casandra Editya
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?