Untuk Tangani COVID-19 di Indonesia, Perlu Sinergitas yang Kuat - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Saturday, 4 April 2020

Untuk Tangani COVID-19 di Indonesia, Perlu Sinergitas yang Kuat


Jakarta, ZONASATU Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II Penanggulangan COVID-19 Komjen Pol  Drs.Agus Andrianto, SH, MH,  mengatakan, perlu sinergitas yang kuat dalam mencegah dan menanggulangi ancaman Covid-19 yang saat ini mewabah di Indonesia.

“Sinergitas dan soliditas sangatlah penting dalam penanggulangan pandemi COVID-19 ini,” kata Komjen Pol. Agus Andrianto melalui siaran pers keoada media Sabtu (4/4/2020).

Jenderal bintang tiga yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri ini mengatakan, masyarakat harus bisa bersinergi dengan pemerintah pusat. Menurutnya, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat untuk menjaga jarak (physical distancing) merupakan bentuk sinergitas yang bisa diberikan oleh masyarakat.

Alumni Akpol tahun 1989 ini juga mengingatkan Pemerintah Daerah agar terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat. Sebab, kehadiran negara harus benar-benar dirasakan, apalagi dalam kondisi bencana non-alam saat ini.

“Karena Pemerintah Daerah itu kan sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Pusat,” ujar mantan Kapolda Sumatera Utara ini.

Polri mengatakan kewenangan pusat yang didelegasikan ke daerah harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Bukan semau-maunya karena tak ada istilah raja kecil di daerah.

"Kewenangan yang didelegasikan ke daerah harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah, bukan layaknya raja kecil yang bisa berbuat semaunya," kata mantan Wakapolda Sumatera Utara ini

Dalam kondisi saat ini, Perwira Teinggi kelahiran  Blora,  16 Februari 1967 ini menyampaikan kehadiran negara harus benar-benar dirasakan masyarakat. Agus menekankan sinergi antara lembaga yang ada di pusat dan daerah.

"Dalam tatanan bernegara, tidak ada yang berdiri sendiri. Saat ini kehadiran negara harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat, apalagi dalam kondisi bencana non-alam saat ini. Semua harus bersinergi untuk masyarakat, khususnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ujar Dirtipidum Bareskrim Polri ini.

Mantan Dir Reskrim Polda Sumut ini menambahkan, banyak provinsi yang APBD-nya disuplai oleh APBN melalui dana perimbangan daerah. Menurut dia, kewenangan yang didelegasikan ke daerah harus dilaksanakan sebaik mungkin oleh pemerintah daerah.

“Intinya mari bersinergi dalam mencegah dan menanggulangi wabah Covid-19 ini. Semoga cepat berlalu,” kata mantan  Kapolres Metro Tangerang ini mengakhiri

Editor: Wawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close