Din Syamsuddin minta Pemerintah usut tuntas pelarungan Jenazah ABK WNI - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Sunday, 10 May 2020

Din Syamsuddin minta Pemerintah usut tuntas pelarungan Jenazah ABK WNI


Jakarta, ZONASATUKetua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin pun angkat bicara terkait hal ini. Din meminta pemerintah Indonesia segera meminta pertanggungjawaban ke pemerintah China atas insiden ini.

"Rasa kemanusiaan dan kebangsaan kita terusik. Sesuai amanat Konstitusi, pemerintah harus segera bertindak melindungi segenap rakyat warga negara," kata Din dalam keterangannya, Minggu (10/5/2020).
 
"Pemerintah harus mengusut dan memprotes kepada pihak-pihak bertanggung jawab, termasuk kepada Pemerintah RRT yang menaungi kapal tempat ABK WNI bekerja," lanjutnya.

Jika pemerintah diam saja, kata Din, maka pemerintah dapat dikatakan abai dan tidak memenuhi amanat konstitusi untuk melindungi segenap warga negaranya. 

"Kalau pemerintah diam, maka pemerintah dapat dianggap abai dan tidak memenuhi amanat Konstitusi," jelas Din Syamsuddin.
Menurut Din, tindakan penganiayaan terhadap ABK WNI dengan melarungkan jasadnya ke laut adalah tindakan di luar perikemanusiaan. 

"Sebagai bangsa Pancasilais, dengan prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab, kita tidak boleh membiarkannya. Inilah saatnya kita menunjukkan diri sebagai bangsa yang berpegang teguh pada Pancasila, tidak dalam kata-kata tapi dalam perbuatan nyata," tutupnya.

Editor: Kasiono
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?