Masyarakat diingatkan agar jangan hanya ada PSBB saja untuk disiplin cegah COVID-19 - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 5 May 2020

Masyarakat diingatkan agar jangan hanya ada PSBB saja untuk disiplin cegah COVID-19


Jakarta, ZONASATUJuru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dr. Achmad Yurianto meminta masyarakat tidak hanya disiplin menjaga jarak dan menggunakan masker saat ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

"Meskipun di suatu daerah belum ada PSBB, secara mendasar menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker, mencuci tangan, dan tetap di rumah adalah dasar untuk mencegah penularan COVID-19," kata dr. Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB sebagaimana dipantau melalui akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ini mengatakan bahwa mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker bila di luar rumah, menjaga jarak, dan tetap di rumah adalah kunci untuk mengendalikan dan memutus rantai penularan COVID-19.

Masyarakat juga diminta untuk saling mengingatkan tentang langkah-langkah memutus rantai penularan COVID-19 dan dengan lapang dada menerima saran dan masukan yang semata-mata untuk mencegah jangan sampai kita tertular atau menularkan COVID-19.

"Kita harus betul-betul berjuang bersama-sama agar jangan sampai tertular, jangan sampai orang lain dan saudara kita tertular," tutur pria yang berlatar sebagai dokter militer ini.

Menurut alumni Sekola Perwira Militer Sukarela (Sepamilsuk) ABRI ini, semakin banyak yang tertular COVID-19 dan dirawat di rumah sakit, maka beban layanan rumah sakit dan sumber daya yang diperlukan akan semakin besar.

Karena itu, yang paling utama dalam pengendalian COVID-19 adalah pencegahan agar tidak tertular, menularkan, dan sakit.

"Kita putus rantai penularan. Itu hanya bisa dilakukan dengan gotong royong dan bersatu terus menerus. Bersinergi dari pusat sampai ke daerah, desa, RT/RW dan tingkat keluarga," kata mantan Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) XVI/Pattimura ini.

Hingga Selasa pukul 12.00 WIB, terdapat penambahan pasien sembuh dari COVID-19 243 orang menjadi 2.197 orang, meninggal bertambah delapan orang menjadi 972, dan konfimasi positif COVID-19 bertambah 484 orang menjadi 12.071 orang. (T.D018)

Editor: Aristarkhus Umbar Kriatianto 
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?