TNI AL tindaklanjuti laporan masyarakat kepulangan TKI ilegal - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 5 May 2020

TNI AL tindaklanjuti laporan masyarakat kepulangan TKI ilegal


Medan, ZONASATUKomandan Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, mengatakan, semua jajarannya akan menindaklanjuti laporan yang disampaikan masyarakat mengenai kepulangan TKI ilegal dari Malaysia.

"TNI AL di Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan I tetap meningkatkan patroli di perairan dengan gelombang TKI Ilegal yang datang akhir-akhir ini menggunakan kapal-kapal ukuran kecil," ujar Rasyid, dalam penjelasannya di Belawan, Selasa (5/4/2020).

Ia menyebutkan, hal ini tidak mudah dilakukan personel di lapangan, karena itu memerlukan peran aktif masyarakat dalam memberikan segala bentuk informasi.

"Baik itu kedatangan para TKI ilegal, bahkan mungkin kegiatan ilegal lainnya seperti penyelundupan komoditi atau barang narkoba," ujarnya.

Rasyid mengatakan, prosedur tetap dalam penanganan TKI ilegal pada masa pandemi Covid-19 akan selalu diterapkan guna menjaga kemungkinan penyebaran Covid-19 yang memungkinkan melewati TKI yang baru kembali negeri tetangga.

"Selama pandemi Covid-19, jajaran Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan, Koarmada I sudah melakukan 14 kali pengamanan dengan total 526 TKI iegal yang diamankan," katanya.

Sebelumnya, Tim Reaksi Cepat Armada Satu Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan, jajaran Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan bersama Satpolair Polres Tanjung Balai menangkap lagi 30 TKI ilegal dari Malaysia di Sungai Tembilik, Kabupaten Asahan.

Komandan Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahrudin, dalam keterangannya diterima di Medan, Selasa, mengatakan pengamanan para TKI itu berawal dari patroli mereka.

Kemudian Tim Tim Reaksi Cepat Armada Satu Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada satu unit kapal yang berlayar dan mencurigakan masuk ke arah Sungai Tembilik, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Senin malam (4/5).

"Kami mengejar menggunakan kapal patroli keamanan laut dan berhasil menemukan sekelompok orang TKI Ilegal berada di suatu tangkahan kosong di perairan Kabupaten Asahan," ujarnya.

Editor: Hendy Setiadi
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?