Presiden Imbau Instansi Pemerintah Jaga Kepercayaan Masyarakat - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Monday, 15 June 2020

Presiden Imbau Instansi Pemerintah Jaga Kepercayaan Masyarakat


Jakarta, ZONASATU Presiden Joko Widodo, mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah untuk senantiasa menjaga kepercayaan rakyat. Dengan cara menyelamatkan uang rakyat dari berbagai ancaman tindakan korupsi yang rawan terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Uang negara harus diselamatkan dan kepercayaan rakyat harus terus kita jaga,” ujar Presiden Joko Widodo ketika membuka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020 melalui siaran konferensi video pada Senin (15/6/2020).

Bentuk sistem pencegahan tindakan penyimpangan mulai dari internal. Maksudnya, adalah unit kerja yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan di masing-masing instansi pemerintah harus aktif memberikan pengawasan ketat terhadap setiap pengelolaan uang APBN.

Dari sini, pejabat dari unit kerja pengawasan yang terkait dapat langsung memberikan masukan terkait pengelolaan anggaran pada unit kerja yang bersangkutan. Proses pengawasan yang dilakukan akan mencegah terjadinya tindakan penyimpangan anggaran pada instansi pemerintahan.

“Kepada para pelaksana dalam menjalankan tugasnya BPKP, inspektorat dan juga LKPP adalah aparat internal pemerintah harus fokus ke pencegahan dan perbaikan tata kelola,” imbuhnya.

Langkah selanjutnya, setiap instansi pemerintah dapat kerjasama dengan lembaga pemnerintah mempunyai kewenangan dalam melakukan pengawasan anggaran seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dan juga dapat bersinergi dengan aparat penegak hukum seperti Kejaksaan, Kepolisian, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kerjasama sinergis dengan lembaga lembaga pemeriksa eksternal BPK harus terus dilakukan. Demikian juga sinergi antara aparat penegak hukum kepolisian kejaksaan dan KPK,” katanya.

Presiden meyakini, apabila langkah-langkah strategis di atas dapat dilakukan dengan optimal oleh instansi pemerintah. Maka, pengelolaan anggaran penyelengaraan pemerintahan dapat terhindar dari berbagai potensi tindakan penyimpangan korupsi oleh oknum.

“Saya yakin, kita bisa bekerja lebih baik menangani semua masalah dan tantangan dengan lebih cepat. Sehingga dapat bangkit melangkah maju mengawal aqidah-aqidah besar penting untuk bangsa menuju ke sebuah Indonesia maju,” tutup Presiden.

Editor: Casandra Editya
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?