TNI AL akan gunakan TSS di Selat Sunda untuk Lindungi Keamanan Laut - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 16 June 2020

TNI AL akan gunakan TSS di Selat Sunda untuk Lindungi Keamanan Laut


Merak, ZONASATUPertama kali dalam sejarah. Perairan Indonesia bulan Juli 2020 mendatang akan mengaktivasi sistem navigasi TSS (Traffic Separation Schemes) atau Bagan Pemisahan Alur Laut (lalulintas) di Selat Sunda dan Selat Lombok. Penggunaan TSS di dua pintu masuk alur pelayaran Internasional itu diyakini dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan pelayaran di pintu masuk perairan Indonesia, khususnya di alur sempit Selat Sunda dan Selat Lombok.

Komando Armada (Koarmada) I sebagai jajaran TNI AL yang bertanggung jawab dalam memonitoring di Selat Sunda yang meliputi dua Pangkalan TNI-AL (Lanal) yaitu Lanal Lampung dan Lanal Banten yang menyambut baik rencana penerapan sistem navigasi TSS tersebut. Pada Selasa (16/6/2020) siang , dengan menggunakan Kapal Cepat KRI Lemadang-632, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten melakukan sosialisasi rencana penerapan TSS melalui radio panggil KRI kepada puluhan kapal yang melintas di perairan Selat Sunda.

Dan jelang pemberlakuan TSS di Perairan Selat Sunda pada awal Juli 2020 mendatang, Koarmada I TNI-AL bersama Lanal Banten terus melaksanakan sosialisasi kepada pengguna laut dan melaksanakan pengecekan kesiapan baik alur pelayaran maupun kesiapan unsur dan prasrana pendukung lainnya.

TSS aini merupakan skema pembagian alur lalu lintas di laut, dan untuk wilayah Pulau Jawa ada di Selat Sunda yang akan mulai diberlakukan pada awal Juli 2020. Hal ini disampaikan Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah dihadapan awak media diatas KRI Lemadang-632 dalam sosialisasi penerapan TSS di Perairan Selat Sunda, Selasa (16/06/2020).

Pengecekan ini merupakan tindak lanjut dari peninjauan alur pelayaran di Perairan Selat Sunda yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., pada Kamis (11/6).

“Penerapan TSS akan membagi alur nantinya pergerakan kapal dari utara ke selatan maupun dari barat ke timur, karena kita ketahui tiap tahunnya itu ada beberapa ribu kapal yang melintas di Selat Sunda agar jangan sampai terjadi kecelakaan di laut,” ujar Kolonel Golkariansyah.

“TSS ini fungsinya sama dengan TSS lainnya diberbagai negara untuk mengatur lalu lintas pelayaran di alur sempit. Pemberlakuan TSS ini untuk keamanan navigasi dalam pelayaran khususnya yang melintas di Selat Sunda,” tambah Danlanal Banten.

Dalam pelaksanaan pemantauan TSS nantinya akan dilaksanakan oleh Koarmada I, Lanal Banten, dan Lanal Lampung bekerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Syahbandar, Basarnas, dan instansi terkait lainnya.

Menurut Danlanal Banten, Selat Sunda adalah salah satu alur pelayaran yang padat. Karena selain merupakan alur yang dilintasi dengan kapal yang melayani jasa penumpang atau penyeberangan dari Pelabuhan Merak - Bakaheuni, Selat Sunda juga merupakan salah satu pintu masuk alur internasional, serta jalur kapal-kapal kargo atau barang logistik yang ingin berlabuh ke kawasan industri di sekitar Banten.

"Untuk diketahui, setiap tahunnya ada sekitar 53.000 kapal yang melintas di Selat Sunda ini. Sehingga ini perlu dilakukan agar jangan sampai kecelakaan di laut," kata Kolonel Laut (P) Golkariansyah

Selain berfungsi untuk meminimalisir jumlah kecelakaan laut di Selat Sunda, lanjutnya, TSS juga sangat mendukung sistem keamanan laut Indonesia. Menurutnya, sebagai perlintasan atau alur internasional, tidak sedikit kapal berbendera asing yang melintas masuk ke sekitar Selat Sunda.

Dengan diberlakukannya TSS ini, akan memberikan keuntungan bagi pengguna jalur laut di Perairan Selat Sunda dimana kapal-kapal yang lewat akan lebih tertib melewati Selat Sunda, jadi keselamatan mereka terjaga karena sudah ada lintasan, dan hal ini sangat membantu untuk keselanatan pelayaran.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?