China Terus Lakukan Ekspansi Militer di Laut China Selatan, Indonesia Harus Waspada - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 22 July 2020

China Terus Lakukan Ekspansi Militer di Laut China Selatan, Indonesia Harus Waspada

Rombongan kapal perang China
Jakarta, ZONASATU - Semenjak kekuatan militernya menjelma sebagai raksasa di Asia mengimbangi negara adi daya Amerika Serikat (AS), China semakin agresif dengan terus melakukan provokasi di Laut China Selatan (LCS).

Dengan dalih mempertahankan wilayah kedaulatannya, China tidak segan mengerahkan kapal perang untuk mengintimidasi negara manapun yang masuk ke LCS.

Untuk membuktikan ancamannya, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) beberapa waktu lalu menabrak kapal nelayan Vietnam sampai tenggelam. Bukan cuma Vietnam yang mendapatkan peringatan keras dari China. Filipina dan Malaysia juga mendapatkan ancaman serupa yakni akan dilakukan penembakan oleh kapal perang China jika bersikeras memasuki wilayah LCS.

Terakhir, kapal Coast Guard China (CGC) dengan sengaja memasuki wilayah perairan Indonesia dan mengusir kapal patroli milik TNI AL dengan alasan telah memasuki wilayah kedaulatan China. Padahal saat itu kapal perang TNI AL KRI Tjiptadi tengah berpatroli didalam perairan yang masih teritori Indonesia.

Aksi-aksi provokasi yang ditunjukkan oleh China tentunya harus membuat Indonesia waspada dengan manuver China yang terus melakukan ekspansi di LCS. Apalagi dalam waktu dekat China akan membangun Zona Identifikasi Pertahanan Udara di dekat Kepulauan Natuna seperti yang diungkap oleh The Diplomat.

Melihat agresifitas China yang terus meningkatkan kehadiran militernya di LCS, Indonesia diingatkan untuk waspada dan melakukan langkah cepat membangun pangkalan militernya di Natuna. Indonesia pun juga harus berani mengambil langkah tegas dan strategis untuk mengamankan perairannya dimasa mendatang.

Hal ini dikarenakan tidak ada jaminan Indonesia akan selamanya aman dari gangguan China yang tidak lama lagi akan berbatasan langsung dengan Indonesia di LCS jika seluruh pembangunannya rampung.

Editor: Indarti
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?