Diluar Dugaan, Indonesia Berminat Membeli 15 Pesawat Tempur Canggih Eurofighter Austria - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 21 July 2020

Diluar Dugaan, Indonesia Berminat Membeli 15 Pesawat Tempur Canggih Eurofighter Austria

Pesawat tempur Eurofighter Typhoon yang dilirik Indonesia
Jakarta, ZONASATU - Siapa sangka jika Indonesia ternyata berminat dengan 15 unit pesawat tempur Eurofighter Typhoon yang dimiliki oleh Angkatan Udara Austria. Hal ini disampaikan Prabowo Subianto kepada Menhan Austria Klaudia Tanner dalam surat resminya yang dimuat oleh media Austria "Die Presse" pada edisi Minggu (19/07).

Dalam surat tersebut Menhan Prabowo Subianto mengatakan jika dirinya ingin berkomunikasi langsung dengan Klaudia terkait kepentingan Indonesia yang ingin mengakuisisi pesawat tersebut.

"Tolong izinkan saya untuk menghubungi Anda secara langsung mengenai masalah yang sangat penting bagi Republik Indonesia," tulis Prabowo dalam surat resminya.

Sebelumnya Prabowo mendapat informasi jika Austria memiliki pesawat tempur Eurofighter yang dibelinya pada tahun 2002 lalu. Namun dikarenakan dalam proses pengadaannya terdapat masalah, Austria akhirnya berniat mempensiunkan dini 15 pesawat interseptor tersebut.

Dengan alasan memodernisasi Angkatan Udara Indonesia, Prabowo menyampaikan ingin membeli semua pesawat tempur Austria sebanyak 15 unit untuk memperkuat jajaran TNI AU. Apalagi sebelumnya TNI AU telah kehilangan sebuah pesawatnya yang jatuh karena usia.
Pesawat tempur Eurofighter Typhoon
Perlu diketahui, Austria saat ini tengah bersengketa dengan perusahaan Airbus dan konsorium pesawatnya mengenai proses pengadaan 15 pesawat tempur Typhoon. Austria menuding Airbus telah menggelembungkan harga pesawat diluar kesepakatan saat melakukan transaksi.

Akibatnya Austria harus mengalami kerugian sebesar 1,1 miliar euro untuk kontrak pengadaan 15 pesawat tempur tersebut.

Dengan tak adanya titik temu antara Austria dengan Airbus, Prabowo melihat ini adalah peluang bagi Indonesia untuk mendapatkan 15 pesawat tempur canggih berkemampuan BVR (Beyond Visual Range).

Eurofighter Typhoon merupakan salah satu pesawat tempur yang dirancang mampu bertempur jarak jauh maupun dekat. Meskipun bukan pesawat siluman, tapi teknologi radar yang dimilikinya dinilai lebih baik dari pesawat siluman F22 Raptor milik AS.

Sedangkan untuk keberadaan senjata, sebagian tersembunyi dibawah badan pesawat sehingga memperkecil karakteristik pantulan radar.

Terdapatnya canard pada bagian depan atau hidung pesawat, memudahkan Typhoon melakukan manuver-manuver pendek dan ekstrem.

Menurut pengakuan mantan Kepala Staf Angkatan Udara AS Jenderal Jonn P. Jumper yang pernah menerbangkan Typhoon dan F22 Raptor, Typhoon sangat unggul dikemampuan manuvernya.

"Eurofighter sangat mengesankan, saat digunakan mempertahankan G-Force tinggi, avionik, tampilan peta, dll. Semuanya berjalan sangat bagus.” ungkapnya.

Editor: Cassandra
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?