Inovasi Baru, TNI Berhasil Ciptakan Ban Anti Peluru Yang Bisa Digunakan Untuk Kendaraan Tempur - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Friday, 17 July 2020

Inovasi Baru, TNI Berhasil Ciptakan Ban Anti Peluru Yang Bisa Digunakan Untuk Kendaraan Tempur

Ban rongga tanpa udara diuji coba pada kendaran double kabin
Malang, ZONASATU - Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) Kodiklat TNI AD Batu Malang berhasil menciptakan ban tanpa udara untuk digunakan oleh kendaraan tempur TNI. Pembuatan ban ini merupakan inovasi baru yang terinspirasi dari produk serupa ciptaan pemanufaktur ban global.

Komandan Poltekad Kodiklat TNI AD Brigadir Jenderal Nugraha Gumilar menjelaskan ide ban tanpa udara terinspirasi dari para insinyur otomotif dunia yang mampu membuat ban kendaraan tanpa perlu diisi udara.

"Kami nyoba buat juga, kalau kualitasnya tidak kalah. Jadi kita bangga juga dengan produk dalam negeri," kata Nugraha melalui sambungan telepon, Kamis (16/7).

Diungkapkan oleh Nugraha pembuatan ban tanpa udara ini menggunakan peralatan, teknologi dan material sederhana seperti pembuatan jari - jari rongganya yang berfungsi mirip velg  dimana bahan pembuatannya berasal dari campuran olahan senyawa kimia.

Kemudian untuk karet ban-nya sendiri menurut Nugroho masih menggunakan ban bekas vulkanisiran.

"Karena memang laboratorium kami belum secanggih seperti produsen-produsen ban begitu," kata dia.

Bukan perkara mudah untuk mendapatkan hasil olahan karet yang sesuai, beberapa kali siswa membuat adonan karet mentah dengan hasil kurang maksimal yaitu terlalu lembek dan tidak bisa difungsikan.

"Pertama itu gagal karena olahan karet terlalu empuk. Terus dibuat lagi dan sudah lumayan keras tapi lebih fleksibel menahan beban. Itu kemudian dicetak sesuai ukuran ban," kata dia seperti dilansir dari laman CNN.

"Kemudian ada juga yang antara tapak dengan jari-jari ban ini kami rekatkan menggunakan lem. Tapi ternyata tidak kuat dia, sudah pecah-pecah gak lama," sambung Nugraha.

Uji coba pertama, ban dipasangkan pada sebuah kendaraan kabin dan diklaim mampu menahan beban hingga 4 ton. Namun jika digunakan untuk kendaraan yang lebih besar lagi maka masih ada yang harus diperkuat yaitu bagian jaring - jaring rongganya..

Selain kekuatannya yang bagus, ban rongga tersebut ternyata juga anti peluru. Dalam serangakaian uji coba yang dilakukan, peluru kaliber 9 mm tidak mampu merusak rongga ban sehingga cocok digunakan untuk kendaraan tempur. 

Editor: Indarti
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?