Kapal Induk Inggris Akhirnya Bergabung Dengan Amerika Hadapi Hegemoni China di Indo-Pasifik - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 15 July 2020

Kapal Induk Inggris Akhirnya Bergabung Dengan Amerika Hadapi Hegemoni China di Indo-Pasifik

HMS Queen Elizabeth
Inggris, ZONASATU - Semakin runcing, Inggris akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Amerika dan Jepang melawan hegemoni China di Indo-Pasifik. Sinyal bergabungnya Inggris dapat dilihat dengan adanya pengerahan armada kapal induknya HMS Queen Elizabeth ke laut Indo-Pasifik.

Pengerahan kapal induk tersebut dikawal dua kapal perusak Tipe 45, dua fregat Tipe 23, dua kapal tanker dan helikopter. Selain itu di dalam kapal induk telah siap 700 awak ditambah pasukan dari jet tempur dan helikopter dengan total seluruhnya 1.600 orang. Tidak hanya itu, di atas kapal juga disiapkan dua skuadron jet tempur siluman F-35B Lightning II.

Direncanakan kapal induk ini akan bergabung dengan sekutu dalam rangka latihan bersama hingga musim gugur dan selanjutnya Inggris akan mengerahkan Kapal Induk lainnya HMS Prince of Wales.

Selain Inggris akan bergabung juga dua negara lainnya yaitu Australia dan Kanada.

Dikutip dari Viva.com, Inggris mengerahkan kapal induk ke Indo-Pasifik untuk mengamankan jalur perdagangan utama mereka sekaligus menangkal ancaman yang datang dari China.

"Ambisi kami adalah untuk benar-benar gigih dan berbasis di sana, mungkin dengan kelompok pemogokan pembawa, atau mungkin tidak. Kita akan lihat, "kata Wakil Laksamana Jerry Kyd, komandan armada.

Perlu diketahui, Amerika mengerahkan armada Angkatan Laut besar-besaran ke perairan Indo-Pasifik untuk menggelar operasi militer terkait adanya peningkatan aktivitas militer China di wilayah tersebut.

Kendati demikian hingga saat ini China masih belum terprovokasi secara militer sejak Amerika terus menerus memasuki wilayah Laut China Selatan yang diklaim sebagai jalur bebas bernavigasi yang juga secara tak langsung Amerika tidak mengakui klaim sepihak China atas wilayah tersebut.

Editor: Cassandra
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?