Kelanjutan Proyek KFX, Indonesia Kembali Melibatkan Ratusan Teknisinya ke KAI Korsel - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Tuesday, 21 July 2020

Kelanjutan Proyek KFX, Indonesia Kembali Melibatkan Ratusan Teknisinya ke KAI Korsel

Mockup pesawat siluman generasi 4.5 KFX/IFX
Jakarta, ZONASATU - PT. Dirgantara Indonesia (PT.DI) akan segera kembali mengirim 100 teknisinya ke Korea Aerospace Industries (KAI) di Korea Selatan untuk merampungkan proyek pesawat semi siluman generasi 4.5 KF-X.

Dilansir dari laman Janes saat ini ratusan teknisi itu tengah bersiap-siap untuk diberangkatkan ke Korsel untuk bergabung dengan rekan lainnya.

Diketahui sebelumnya, para teknisi PTDI sempat ditarik dari Korsel semenjak pandemi Covid-19 mengalami peningkatan di negeri ginseng itu.

Pada proyek prestius tersebut, para teknisi asal Indonesia difokuskan untuk pembuatan desain pesawat dan prosesnya. Namun meskipun begitu, mereka tidak dapat beraktifitas seperti biasa karena harus mengikuti prosedur kesehatan Covid-19.

Kemajuan pengembangan KF-X yang terus meningkat menjadi salah satu alasan Indonesia untuk terus terlibat meskipun nantinya Indonesia hanya mendapat 15% dari hasil pengerjaan proyek tersebut.

Seperti disampaikan oleh Wamenhan Trenggono yang mengatakan jika Indonesia tidak ingin setengah-setengah melibatkan diri dalam pembuatan pesawat generasi 4.5 itu, meskipun dalam pelaksanaannya Indonesia kerap mengalami hambatan soal pendanaan.

"Jadi kalau ingin belajar tidak boleh nanggung, kalau kita ingin seperti itu. US$ 2 miliar jalan, tapi di sini harus disiapkan betul infrastrukturnya." urai Trenggono dilansir dari laman CNBC pada 10 Juli 2020.

Dari nilai yang dianggarkan USD 2 Miliar, Indonesia hanya mendapat 15% sedangkan 9 teknologi vital lainnya adalah hak Korsel dan Indonesia tidak boleh mendapatkannya.

Menurutnya, hal ini wajar untuk nilai sebuah riset yang menyangkut Alutsista strategis mengingat China saja yang mengembangkan pesawat siluman J-20 harus mengeluarkan anggaran ratusan miliar dollar. Sedangkan Indonesia hanya mengeluarkan USD 2 miliar.

Pesawat tempur KF-X merupakan salah satu proyek strategis Indonesia - Korsel, disebut semi siluman karena pesawat ini sebenarnya mampu tidak terlihat radar baik fisik maupun engine.  Tapi karena letak persenjataannya berada diluar maka radar dapat melihatnya meskipun kecil.

Hebatnya lagi untuk menjawab tantangan jaman, pesawat ini juga dilengkapi dengan perlengkapan perang elektronika (Pernika) berupa kemampuan Jammer untuk mematikan sistem persenjataan musuh.

Editor: Indarti
Foto: Ist
Sumber: Kemhan

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?