Jalankan Operasi Selain Perang, 51 Prajurit TNI AD Mendadak Diperintahkan Jadi Sopir Truk Tangki BBM - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Sunday, 26 July 2020

Jalankan Operasi Selain Perang, 51 Prajurit TNI AD Mendadak Diperintahkan Jadi Sopir Truk Tangki BBM

TNI Ad menjaga SPBU pertamina
Indramayu, ZONASATU - Sebanyak 51 prajurit TNI dari Yon Bekang 3/RAT tiba-tiba mendapat perintah untuk menjadi sopir tanki truk BBM PT. Pertamina setelah terjadi aksi unjuk rasa yang melibatkan ratusan sopir dan buruh di Terminal BBM PT Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa barat, pada tanggal 6 Juli 2020.

Akibat dari unjuk rasa tersebut, pasokan BBM PT. Pertamina ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Jawa Barat jadi terhambat dan terputus.

Ratusan karyawan PT Pertamina di Balongan melakukan sejumlah pemblokiran dan mogok karena uang THR (Tunjangan Hari Raya) mereka tidak dibayarkan oleh PT Pertamina.

Khawatir dampaknya semakin besar dan berlarut, PT. Pertamina kemudian minta bantuan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa yang kemudian memerintahkan Kapusbekangad Mayjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo untuk menjalankan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Saat unjuk rasa terjadi di PT. Pertamina Banongan, TNI AD mengerahkan 51 prajuritnya untuk mengemudikan ratusan truk milik Pertamina untuk disalurkan ke empat kabupaten Jawa Barat" ungkap Kapusbekangad Isdarmawan.

Dengan dikerahkannya prajurit TNI AD membantu Pertamina, pasokan BBM di sejumlah wilayah Jawa Barat kembali normal.

Isdarmawan kembali menjelaskan jika upaya TNI AD untuk melibatkan prajuritnya dalam situasi seperti ini merupakan bagian dari OMSP yang tertuang pada Undang Undang TNI No.34 tahun 2004.

"OMSP ini sudah diatur dalam UU TNI dimana salah satunya adalah membantu tugas pemerintah" jelas Isdarmawan kepada media.

Editor: Indarti
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?