Pakar Militer Sebut Pesawat Siluman China J-20 Diatas Kemampuan F-22 Raptor AS - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Friday, 31 July 2020

Pakar Militer Sebut Pesawat Siluman China J-20 Diatas Kemampuan F-22 Raptor AS

Chengdu J20 China vs F22 Raptor AS
China, ZONASATU - Seorang pakar militer dari China menyebutkan F-22 Raptor AS tidak akan mampu menghadapi J-20 Chengdu. Hal ini dikarenakan F-22 dirancang untuk menghadapi pertempuran diwilayah Eropa dengan iklim yang sangat berbeda dengan Asia Pasifik.

Yang Wei perancang pertama pesawat siluman generasi awal J-20 China mengatakan F-22 akan mengalami nasib serupa dengan F-4 Phantom yang pernah diterjunkan ke perang Vietnam tahun 1965 dan 1973.

Dengan kondisi iklim yang komplek, mesin kembar F-4 gagal menunjukkan performanya secara maksimal sehingga tidak begitu membantu banyak dalam perang Vietnam.

Seperti dilansir dari jurnal aeronautika Tiongkok Acta Aeronautica et Astronautica Sinica, nasib sama akan dialami oleh F-22 yang akan mengalami banyak kendala saat digunakan di Pasifik untuk menghadapi J-20 yang diciptakan ilmuwan China berdasarkan pengamatannya terhadap F-22.

Mulai dari tangki bahan bakar, struktur pesawat hingga teknologi persenjataan yang dibawanya dibuat lebih unggul diatas F-22.

"F-22 dirancang untuk menghadapi bekas Uni Soviet. Tetapi sekarang lawan utama Raptor adalah PLA di Asia-Pasifik," kata Song Zhongping seorang komentator militer Hongkong yang melihat J-20 sebagai jawaban China terhadap keunggulan sang Raptor milik AS.

Menurutnya, F-22 dan J-20 sama-sama memiliki kemampuan terbang tinggi hingga 20 km dan melaju dengan kecepatan Mach 2 atau sekitar 2.470 km per jam. 

Perbedaannya, F-22 daya jelajahnya hanya sekitar 800 km sementara J-20 bisa mencapai radius 1.100 km. Kemudian F-22 sudah teruji sedangkan J-20 sama sekali belum memiliki pengalaman dalam mendukung operasi militer yang sesungguhnya.

Editor: Indarti
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?