Pasukan Marinir TNI-AL 'Serbu' Pulau Dabo saat tensi di Laut China Selatan Memanas - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 24 July 2020

Pasukan Marinir TNI-AL 'Serbu' Pulau Dabo saat tensi di Laut China Selatan Memanas


Jakarta, ZONASATUKomando Armada I menggelar Latihan Geladi Tugas Tempur (Gelagaspur) Tingkat-3 (L-3) di Kawasan Perairan Laut Jawa, Selat Karimata dan Perairan Pulau Singkep, Kepulauan Riau. Latihan L-3 Terpadu Koarmada I ini dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., yang bertindak sebagai Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat).

Latihan ini digelar dalam rangka mendukung tugas TNI AL untuk memelihara kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan Operasi Laut Gabungan dan Operasi Amfibi, serta mewujudkan kesiapan unsur-unsur Koarmada I dalam melaksanakan Operasi Laut Gabungan dan Operasi Amfibi guna mendukung Operasi Gabungan TNI.

Materi latihan yang diberikan berupa manuver lapangan, yaitu Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada tingkat Kogasgab, materi Peperangan Anti Udara, Peperangan Elektronika, Peperangan Anti Kapal Permukaan, Peperangan Anti Kapal Selam, Peperangan Ranjau, tahap embarkasi pada Operasi Amfibi, tahap Latihan Umum (Latum) pada Operasi Amfibi, tahap Gerakan Menuju Sasaran (GMS) pada Operasi Amfibi, tahap Gerakan Serbuan pada Operasi Amfibi dan tahap pengakhiran pada Operasi Amfibi.

Sekitar pukul 06.00 WIB, pantai Tanjung Todak, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (24/7/2020). berhasil dikuasai dan diduduki marinir.

Prajurit TNI AL yang tergabung dalam beberapa kesatuan ini menggunakan tank amfibi jenis LVT untuk pendaratan di pantai, didukung dengan pengawalan udara berupa helikopter dan pesawat tempur.

Operasi ini merupakan operasi kedua setelah 24 tahun vakum digelar latihan di salah satu pulau terluar yang ada di Kepulauan Riau.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Yudo Margono  mengatakan bahwa, latihan pendaratan amfibi yang berhasil menguasai pantai Tanjung Todak Dabo Singkep ini merupakan puncak latihan kegiatan manuvra lapangan (Manlap) Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) Koarmada I yang sudah sejak, Selasa (22/7/2020) berjalan.

"Latihan ini dimulai dari Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, perairan Bangka Belitung dan terakhir di Pantai Tanjung Todak, Dabo Singkep Kabupaten Lingga," kata Yudo.



Dalam latihan ini Koarmada I melibatkan berbagai Alat Utama Sistem Senjata (alutsista) sebagai upaya untuk  meningkatkan kesiapsiagaan personel  serta mengukur kemampuan Satuan Tugas Koarmada I dalam mendukung tugas TNI AL meminimalisasi ancaman dari laut.

Selain itu, Latihan kegiatan manuvra lapangan (Manlap) ini juga berupaya melatih kemampuan penyiapan Operasi Amfibi guna menghadapi dan menggagalkan penguasaan wilayah NKRI oleh pihak musuh serta melatih kemampuan Komando, Kendali dan Komunikasi dengan seluruh unsur maupun satuan terkait Operasi Amfibi.

Pangkoarmada I menyampaikan bahwa latihan ini merupakan latihan puncak dari Kotama yang melibatkan Koarmada I, Korps Marinir, Kolinlamil dan Puspenerbal. Saat ini seluruhnya diintegrasikan menjadi satu untuk melaksanakan latihan bersama dengan niat untuk menjaga profesionalisme prajurit ditengah pandemi Covid-19.

Latihan ini mengerahkan 24 kapal/unsur laut yaitu 1 Kapal Selam (KS), 2 Perusak Kawal Rudal (PKR), 4 Perusak Kawal (PK), 1 Fast Patrol Boat (FPB), 6 Kapal Cepat Rudal (KCR), 3 Kapal Patroli Cepat (PC), 2 Landing Platform Dock (LPD), 2 Angkut Tank Type Frosch (ATF), 1 Bantu Cair Minyak (BCM), 1 Bantu Tunda (BTD), 1 Bantuan Umum (BU), 1 Tim Pasukan Katak (Paska), 2 Tim Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) dan 1 Tim Dinas Kesehatan (Diskes).

Sedangkan unsur udara yang dikerahkan sebanyak 14 unsur yaitu 2 Heli Panther, 2 Heli Bell, 1 BO, 2 Cassa, 5 Bonanza, 1 CN 235 dan 1 King Air. Sementara unsur Marinir yang terlibat sebanyak 1 BTP Pasmar 1 Jakarta, 5 BMP 3F, 5 LVT-7A1, 2 Kapa K-61R, 5 BTR 50, 2 Meriam Howitser 105, 1 Tim Taifib dan 23 Ranmor.

Perlu diketahui pula, latihan perang besar yang digelar TNI AL ini cukup menyita perhatian dunia. Sebab secara bersamaan tak jauh dari sana di Laut China Selatan juga sedang digelar latihan perang oleh militer Amerika dan sekutunya.

Amerika menggelar latihan untuk menekan militer China seiring mulai memanasnya hubungan kedua negara besar di dunia itu.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: Kps

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?