Sistem Pertahanan Udara Oerlikon Skyshield TNI AU Tembak Jatuh Pesawat Pembom di Makassar - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 15 July 2020

Sistem Pertahanan Udara Oerlikon Skyshield TNI AU Tembak Jatuh Pesawat Pembom di Makassar

Sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2 TNI AU
Makassar, ZONASATU - Sebuah pesawat pembom asing yang mencoba menerobos langit Indonesia akhirnya berhasil dihancurkan oleh sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2 milik Paskhas TNI AU.

Seperti yang dilaporkan oleh laman resmi TNI Angkatan Udara, pesawat tersebut berhasil tertangkap radar dan berdasarkan informasi intelijen, pesawat yang diidentifikasikan sebagai pembom strategis itu berusaha memasuki wilayah udara Indonesia.

Tidak ingin kecolongan, akhirnya sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2 yang dioperatori oleh prajurit Denhanud 472 Paskhas diperintahkan untuk menembak jatuh sebelum pesawat tersebut melakukan serangan ke sejumlah instalasi vital.

Tidak berselang lama, muntahan ratusan peluru kaliber 35 mm yang dikeluarkan dari mulut meriam Oerlikon akhirnya berhasil merontokkan pesawat asing tersebut dan jatuh.

Penembakan pesawat asing ini merupakan rangkaian simulasi latihan tempur yang digelar Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Paskhas TNI AU, di Makassar.

Latihan ini digelar dengan tujuan, untuk membuat prajurit Paskhas Denhanud 472 lebih mengenal karakteristik sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2.

Komandan Wing II Paskhas, Kolonel Pas Wahyu Tunggul Wiratama mengatakan jika keberhasilan dalam pertempuran dinilai sebagai hal biasa. Selain itu prajurit Paskhas juga dituntut harus mampu tetap menempa diri untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.

“Kesuksesan adalah hal biasa tetapi segala kendala di lapangan harus tetap menjadi pembelajaran serta menjadi pembahasan agar lebih siap menghadapi tantangan yang lebih dimasa depan," ujar Wahyu.

Selain simulasi latihan tempur menggunakan meriam sistem pertahanan buatan Swiss, Oerlikon Skyshield MK-2, Denhanud 472 Paskhas TNI AU juga melakukan latihan penerbangan malam hari jet tempur Sukhoi Su-27SK dan Sukhoi-30MK/MK2.

Editor: Cassandra
Foto: Quora
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?