Suzuki Carry dan XL7 mampu dorong penjualan Suzuki selama 2020 - ZONASATU.CO.ID -->

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 14 January 2021

Suzuki Carry dan XL7 mampu dorong penjualan Suzuki selama 2020


Jakarta, ZONASATU
-
 Sepanjang tahun sepanjang 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan hasil yang gemilang. Hal ini berkat kendaraan yang diproduksinya secara lokal yang berkontribusi lebih dari 90 persen dari seluruh total penjualan PT SIS.

Meski situasi yang tidak begitu baik bagi industri otomotif Indonesia bahkan juga dunia, setidaknya PT SIS berhasil meraih rapot baik dari Januari-Desember 2020 dengan raihan wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019 silam.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun pihaknya berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment.

"Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri," kata Donny Saputra dalam keterangan resmi, Rabu (13/1/2021).

Dalam hal ini, kontribusi terbesar dari kendaraan yang diproduksi lokal adalah New Carry Pick Up dan XL7. Dimana sepanjang tahun 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Sementara, pada varian kendaraan penumpang yang menjadi kontribusi terbesar adalah Suzuki XL7 yang menyumbang raihan sebesar 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales.

Sampai saat ini, Suzuki XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales.

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.


Hal senada juga diungkapkan oleh Head of Fleet PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Sukma Dewi yang mengatakan bahwa Kendaraan niaga menjadi model paling laris Suzuki mobil di Indonesia.

"Memang kami di Suzuki mobil untuk kendaraan niaganya berkontribusi hingga 58 persen dan kalau kita melihat di tahun 2020 kemarin, meski dalam kondisi pandemi ternyata untuk bisnis itu harus tetap berjalan," kata Sukma Dewi.

Sukma Dewi menjelaskan, meski berkontribusi paling besar di penjualan Suzuki mobil, namun kendaraaan niaga juga tak luput dari penurunan penjualan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami melihatnya diseluruh segmen kendaraan memang di komersil itu turunnya lebih kecil dibandingkan MPV dan LCGC. Di kendaraan komersil pada segmen pick up medium, pick up penurunan paling kecil. Dan kami terus terang, menjadi berkah di 2020 bagi Suzuki, di saat marketnya turun hampir 50 persen kita sendiri hanya di 30 persen. Kami mencatat ada kenaikan total share secara nasional mencapai 12,5 persen," ujar Sukma.

Pada 2021 Sukma Dewi melanjutkan Suzuki Indonesia mobil akan tetap fokus pada seluruh segmen termasuk segmen komersial.

"Pada 2021 untuk kendaraan komersil tetap menjadi fokus untuk bisa mendukung perekonomian masyarakat Indonesia, kita akan support dengan kendaraan niaga kecil dan kita fokus di kendaraan penumpang seperti Suzuki XL7 dan Ertiga yang menjadi backbone Suzuki," Sukma menambahkan.

Dari data penjualan mobil sepanjang 2020 yang dirilis Gaikindo, Suzuki Carry menduduki posisi dua sebagai mobil paling laris. Dengan total penjualan sebanyak 33.407 unit, Suzuki Carry berada di posisi dua, kalah dari Honda Brio (RS Satya) yang terjual 36.512 unit.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: SIS

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?