Berdasarkan hasil Survei! Publik Lebih Percaya TNI Ketimbang Jokowi - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 12 February 2021

Berdasarkan hasil Survei! Publik Lebih Percaya TNI Ketimbang Jokowi


Jakarta, ZONASATU
-
 Indikator Politik Indonesia, sebuah lembaga survei independen menempatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai institusi yang paling dipercayai publik. Bahkan, persentase yang diperoleh TNI mengalahkan Presiden.

Dari rilis Indikator Politik Indonesia, TNI mendapatkan persentase hingga 89,9 persen, sementara Presiden 82 persen. Disusul Gubernur mencapai 80 persen, Polri 74,4 persen, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 73,2 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan tingkat kepuasan terhadap Jokowi turun lebih dari 5 persen selama setahun terakhir.

“Ini titik terendah tingkat kepuasan terhadap Pak Jokowi, bahkan sejak Juni 2016. Sekarang ini ya 62,9 persen,” ujarnya.

Adapun Survei merekam penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja demokrasi sebagai sistem pemerintahan menurun. Di saat yang sama, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi juga menurun.

Pada survei itu, orang yang cukup puas dan sangat puas terhadap kinerja demokrasi berada di angka 53 persen. Angka itu menurun dari 68,3 persen di September 2020 lalu.

Di saat yang sama, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi juga menurun. Hanya 62,9 persen responden yang menyatakan puas terhadap kinerjanya. Angka itu menurun dari September 2020 yang mencapai 68,3 persen.

Temuan itu, didasarkan pada hasil survei sejak 1-3 Februari 2021 dengan menggunakan metode simple random sampling, dengan responden sebanyak 1.200. Adapun survei dilakukan menggunakan kontak telepon.

Dari keseluruhan koresponden, penelitian ini memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Himawan Aji
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?