Polri tegaskan bahwa tersangka Teroris dari Makassar adalah anggota FPI - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 4 February 2021

Polri tegaskan bahwa tersangka Teroris dari Makassar adalah anggota FPI


Jakarta, ZONASATU
Densus 88 Mabes Polri beberapa waktu lalu telah menangkap 19 terduga teroris di Makassar. Mereka juga diketahui berafiliasi dengan kelompok radikal ISIS dan sedang menyiapkan aksi-aksi bom bunuh diri. Ke-19 terduga teroris tersebut hari ini dipindahkan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas (Karopenmas Divhumas) Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan bahwa, 19 tersangka teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Makassar merupakan anggota Front Pembela Islam ( FPI). 
Para tersangka teroris itu telah dijemput tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (4/2/2021) siang ini. 

"Semua terlibat atau menjadi anggota FPI di Makassar. Mereka sangat aktif dalam kegiatan FPI di Makassar," kata Rusdi dalam konferensi pers di Bandara Soetta, Tangerang, Banten. 

Menurut dia, kelompok teroris dari Makassar ini memiliki berbagai rencana yang bisa mengganggu stabilitas serta keamanan dan ketertiban masyarakat. Kelompok ini biasanya melakukan aksi bom bunuh diri. 

Rusdi mengatakan, salah satu dari 19 tersangka teroris kelompok Makassar ini merupakan anak pasangan suami istri Rullie Rian Zeke dan Ulfah Handayani. Mereka adalah pelaku bom bunuh diri di Katedral Our Lady of Mount Carmel, Pulau Jolo, Filipina Selatan. 

"Kelompok ini mempunyai ke mental untuk melakukan kegiatan-kegiatan bom bunuh diri," ujar Rusdi. 

Dalam penjemputan hari ini, juga ada sembilan tersangka teroris dari Gorontalo. Mereka juga bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS. Total, ada 26 tersangka teroris yang dijemput Polri hari ini. Mereka akan dipindahkan ke Rutan Mako Brimob di Cikeas.

Dilanjutkan dia, kedua orang lainnya yang berasal dari terduga teroris kelompok Makassar, yakni M Rizaldi dan Sanjai Ajis, telah dilakukan penindakan dan meninggal dunia. Saat ini, jenazah telah dimakamkan.

"Kedua terduga teroris yang meninggal saat dilakukan penindakan, telah dimakamkan di Makassar semua. Tidak ikut dibawa ke Bandara Soetta, Tangerang," sambung Rusdi.

Dijelaskan dia, dari sejumlah penindakan itu, total ada sebanyak 26 teroris yang berhasil diamankan. Sebanyak 19 orang diamankan dari Makassar dan 7 orang dari Gorontalo.

Dari total itu, tuga orang diketahui merupakan wanita dan seorang dilaporkan mengalami luka tembak. Saat ini, ke-26 terduga teroris itu telah tiba di Bandara Soetta, untuk selanjutnya dibawa ke Mabes Polri, Jakarta.

Editor: Wawan
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?