Berkat Kemampuannya Mengolah Buah Mojo Yang Legendaris Serka Trijoto Dapat Penghargaan Dari Pangdam V/Brawijaya - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 8 April 2021

Berkat Kemampuannya Mengolah Buah Mojo Yang Legendaris Serka Trijoto Dapat Penghargaan Dari Pangdam V/Brawijaya

Surabaya, ZONASATU - Kreativitas Serka Trijoto Pristiwawan Babinsa Tambibendo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang mengolah buah legendaris yaitu mojo menjadi minuman herbal mendapat perhatian khusus dari Pangdam V/Brawijaya. Sebagai tindak lanjut, Senin (5/4/2021), dua batang pohon mojo dikirim dari Kediri ke Surabaya untuk ditanam di lingkungan Makodam V/ Brawijaya.

“Ini kami pilihkan pohon yang bagus dan penuh historis. Salah satu pohonnya berasal dari Pondok Ploso,” ujar Serka Trijoto.

Dia menuturkan, saat ini sedang gencar membudidayakan pohon tersebut. Pembudidayaan dilakukan karena keberadaan pohon tersebut sudah mulai jarang. Banyak pohon yang ditebang karena warga banyak yang tidak tahu manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah mojo. 

“Untuk yang dikirim ke Makodam V/Brawijaya ukurannya besar. Pohon yang masih kecil akan kita tanam di sekitar tebing yang curam. Bisa menahan longsor,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi mengatakan, perhatian khusus dari Pangdam merupakan bentuk apresiasi terhadap kreativitas babinsa di lingkup Kodim 0809/ Kediri yang mengolah buah mojo menjadi minuman bermanfaat bagi kesehatan.
“Prajurit memang harus kreatif. Di sela-sela waktunya, prajurit dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat di tempatnya mengabdi,” kata Kapendam.

Pohon mojo sendiri, lanjut Kapendam, memiliki filosofi dan cerita yang kental dengan sejarah nenek moyang. 

“Pohon mojo adalah simbol pemersatu bangsa. Maka dari itu pohon tersebut jadi perhatian khusus bagi Panglima Kodam V/ Brawijaya. Bahkan ada rencana untuk menjadikan pohon mojo sebagai ikon. Ini menjadi pengingat jati diri prajurit terhadap sejarah bangsa,” tandasnya.

Kapendam berharap, prajurit-prajurit lainnya bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Di sela-sela kesibukan bertugas bisa berpikir lebih untuk menciptakan atau mengembangkan sesuatu. “Mereka tentu lebih paham tentang daerahnya. Kreativitas tak menyita waktu, di sela-sela tugas harian mereka bias berkreasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kodam V/Brawijaya memberikan anugerah prajurit kreatif kepada anggotanya yang berdedikasi dalam memgembangkan perekonomian warga. Lima prajurit yang meraih predikat prajurit kreatif yaitu Koptu Parnianto Kodim 0810/Nganjuk, Koptu I Wayan Kodim 0815/Mojokerto, Serka Heri Kodim 0818/Malang, Serda Dawud Kodim 0824/Jember, dan Serka Trijoto Pristiwawan Kodim 0809/Kediri.

Editor: Himawan
Foto: Ist
Sumber: Pendam V/Brw

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?