Eks Anggota TNI Membelot, Jubir TPNPB: Dia Jadi Komandan Lapangan Karena Terlatih - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 16 April 2021

Eks Anggota TNI Membelot, Jubir TPNPB: Dia Jadi Komandan Lapangan Karena Terlatih

Papua | ZONASATU - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) membenarkan adanya mantan anggota TNI bernama Lucky Y Matuan bergabung ke kelompoknya. Dinilai sebagai prajurit terlatih, Lucky langsung bertugas sebagai komandan lapangan TPNPB.

Juru bicara TPNPB Sebby Sambom mengatakan Lucky telah bergabung ke kelompoknya sejak bulan Februari 2021. Sebelum bergabung, Lucky disebut bertugas di Pos Bulapa.

Dikutip dari Suara.com Sebby mengatakan jika Lucky Matuan adalah mantan anggota TNI yang bergabung dengan TPNPB bertugas di pos Bulapa dan dia juga kembali serang di pos TNI di Bulapa.

Sebby kemudian mengungkapkan jika Lucky saat menyerang pos TNI di Bulapa telah menembak tiga anggota TNI. 

Menurut Sebby, Lucky bukan eks prajurit TNI pertama yang bergabung ke TPNPB. Sebelumnya sudah ada Lettu TNI AD Seth Jafet Rumkorem yang juga membelot ke TPNPB dan menjadi deklarator teks Proklamasi Republik Papua Barat pada 1 Juli 1971.

Kemudian ada juga Elieser Awom, salah satu anggota Brimob yang juga menjadi sniper pertama asal Papua. Namun Awom memilih mengundurkan diri dari kepolisian dan bergabung dengan TPNPB pada 1984.

Sebby menuturkan, saat ini banyak anggota TNI/Polri yang mengundurkan diri. Bahkan ada anggota kepolisian yang menjual senjata dan amunisi ke TPNPB sebagai bentuk dukungan untuk perjuangan Papua merdeka.

Editor: Himawan
Foto: Ist
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?