Nadiem Berharap Bisa Tingkatkan Riset dan Teknologi di Perguruan Tinggi - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 28 April 2021

Nadiem Berharap Bisa Tingkatkan Riset dan Teknologi di Perguruan Tinggi


Jakarta | ZONASATU
-
 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memiliki harapan besar untuk meningkatkan kualitas dan inovasi di Perguruan Tinggi. Hal tersebut seiring saat ini Kemendikbud sudah dilebur menjadi satu dengan Kemenristek.

"Saya punya harapan besar untuk bisa meningkatkan kualitas dan inovasi di universitas kita di perguruan tinggi kita dalam bidang riset dan teknologi," kata Nadiem usai dilantik di Istana Negara, Rabu (28/4/2021).

Dia berharap para mahasiswa dan dosen yang ada di perguruan tinggi bisa melakukan penelitian. Salah satunya seperti kampus merdeka. Serta dapat bekerja sama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

"Kita ingin sekali walaupun tri darma dan penelitian Universitas itu berada di Kemendikbud ristek, tetapi kami ingin sebanyak mungkin mahasiswa-mahasiswa kita, dosen-dosen kita melakukan penelitian seperti kampus merdeka di dalam badan-badan di bawah BRIN," ungkapnya.

Nadiem juga mengatakan hal tersebut juga searah dengan visi Presiden Joko Widodo mengenai merdeka belajar. Serta nantinya para perguruan tinggi bisa belajar di luar akademi.

"Mendalami riset, project sosial, melakukan magang di dalam industri serta pertukaran pelajar, hal ini jadi kabar gembira Universitas dari sisi riset, transformasi kementerian sehingga satu pintu, dan rektor bisa semakin mudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat," bebernya. 

Takj hanya itu, dengan penggabungan dua kementerian ini, lanjut dia, maka juga akan mempermudah para rektor universitas dalam berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Ini merupakan suatu hal yang mungkin akan menjadi kabar gembira juga bagi para universitas karena sekarang dari sisi riset dan juga transformasi pendidikan ada di dalam satu kementerian sehingga satu pintu,” ujar dia. 

 Nadiem berjanji akan meningkatkan kualitas dan juga inovasi di bidang riset dan teknologi di perguruan tinggi.

“Terimakasih ke Bapak Presiden untuk kepercayaannya untuk memberikan amanah kepada saya untuk memimpin Kemendikbudristek. Riset dan teknologi adalah suatu hal yang dekat di hati saya. Merupakan suatu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas ini di Kemendikbud,” ujar Nadiem 

Editor: Casandra Editya
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?