Polri Mulai Siapkan Skema Libatkan Densus 88 Dalam Penanganan Teroris di Papua - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 30 April 2021

Polri Mulai Siapkan Skema Libatkan Densus 88 Dalam Penanganan Teroris di Papua

Jakarta | ZONASATU - Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Imam Sugianto menyampaikan pihaknya akan mempersiapkan skema operasi baru setelah pemerintah melalui Menko Polhukam menyatakan bahwa KKB merupakan teroris.

"Arahan pak Kapolri bagaimana, terutama pelibatan Densus. artinya kalau sudah ditetapkan gitu, Densus nanti harus kita ikutkan membantu di Papua, paling tidak memetakan, segala macam itu," kata Imam Sugianto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (29/4).

Imam mengatakan, pelibatan satuan anti teror Densus 88 dalam sebuah operasi juga kerap dilakukan misalnya dalam pengejaran Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Sulawesi Tengah, Densus melakukan operasi seiring dibawah koordinasi Satgas Madago Raya.

"Seperti Satgas Madago Raya di Sulteng lah. itu kan sama, jadi satgas operasi kita bentuk tapi Densus juga menyelenggarakan operasi yang link up dengan satgas kita itu," tandas Imam.

Dengan pelabelan teroris terhadap KKB, nantinya penegakan hukum terhadap KKB menggunakan Undang-undang Terorisme.

"Mungkin kajiannya di UU penegakan hukumnya kalau memang memenuhi unsur-unsur bisa juga masuk dalam UU tindak pidana terorisme," pungkas Imam.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris, sikap ini menyusul serangkaian penyerangan yang dilakukan oleh kelompok itu.

"Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang diketahui melakukan tindakan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris. Ini sudah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No 5/2018," kata Mahfud Md dalam konferensi persnya di Kemenko Polhukam, Kamis (29/4).

Editor: Himawan
Foto: Ist
Sumber: Rmol.id

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?