Indriyanto Seno Adji Ucapkan Sumpah Jabatan Anggota Dewan Pengawas KPK Disaksikan Presiden Jokowi - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, 28 April 2021

Indriyanto Seno Adji Ucapkan Sumpah Jabatan Anggota Dewan Pengawas KPK Disaksikan Presiden Jokowi


Jakarta | ZONASATU
Presiden RI, Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Indriyanto Seno Adji sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2023. Pengucapan sumpah jabatan digelar  di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, (28/4/2021).

Pengangkatan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 73/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi Pengganti Antarwaktu Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2023.

Indriyanto menggantikan salah satu anggota Dewan Pengawas KPK sebelumnya, Artidjo Alkostar, yang telah berpulang beberapa waktu lalu.

Dewan Pengawas KPK yang dibentuk dalam rangka mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK merupakan struktur di KPK yang keberadaannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Acara pengucapan sumpah jabatan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan terbatas yang hadir.

Seperti diektahui, di dalam lembaga antirasuah tersebut, Indriyanto bukan sosok baru karena pada 2015 sempat menjabat sebagai Plt. Wakil Ketua KPK. Saat itu, Indriyanto didampingi Taufiequrachman Ruki dan Johan Budi sebagai pemimpin sementara KPK menggantikan Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas. 

Dilansir dari Wikipedia, guru besar dari Universitas Krisnadwipayana ini juga tercatat sebagai advokat yang membela mantan Presiden ke-2 RI Soeharto bersama Juan Felix Tampubolon, OC Kaligis, Mohamad Assegaf, dan Denny Kailimang, dalam kasus melawan majalah Time. Indriyanto juga merupakan putra Oemar Seno Adji yang pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman periode 1966 - 1974. 

Adapun, selain Indriyanto Presiden Jokowi pada hari ini juga melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi,  Nadiem Makarim Anwar sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Baca Juga : Gantikan Artidjo, Jokowi Bakal Lantik Indriyanto Seno Adjie Jadi Dewas KPK Selain itu, Jokowi juga melantik Laksana Tri Handoko menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).


Hadir secara terbatas dalam acara pengucapan sumpah tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua KPK Firli Bahuri, dan Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan. 


Editor: -
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?