Rifat/Redwan tak tertandingi di Kejurnas Sprint Rally Tanjung Lesung 2021 - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Monday, 12 April 2021

Rifat/Redwan tak tertandingi di Kejurnas Sprint Rally Tanjung Lesung 2021


Tanjung Lesung | ZONASATU
-
  Pereli senior Rifat Sungkar yang tampil menggunakan Mitsubishi Xpander AP4 terlalu perkasa dan menjadi juara putaran 1 Kejurnas Sprint Rally di sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Minggu (11/4/2021).

Dari total 4 Special Stage (SS) yang digelar hari Sabtu dengan 1 SS dan Minggu dengan 3 SS, Xpander AP4 yang dibangun di Selandia Baru tersebut melakukan sapu bersih mencetak waktu tercepat kelas M1 dan overall.

Tentu tak hanya karena Xpander AP4nya, melainkan man behind di balik kemudi juga merupakan faktor penting lainnya. Kali ini, Rifat Sungkar didampingi navigator M Redwan.

Rifat / Redwan tidak memberikan kesempatan pada lawan-lawannya untuk merebut posisi tercepat meski mobil yang mereka besut sempat mengalami kendala pada bagian suspensi.

ingga akhir lomba, pasangan Rifat Sungkar / M. Redwan mencatat waktu total 10 menit 8,2 detik atau unggul lebih dari 11 detik atas kompetitor mereka yang berada di posisi kedua yakni pereli asal Binuang, Kalimantan Selatan M Rihans Variza dengan navigator Andi Rendy dengan Mazda2 AP4.

Pada hari kedua, yang menjalani 3 Special Stage (SS), Rifat dan Redwan menerima persaingan ketat dari pasangan M. Rihan Variza dan Andi Rendy yang juga menunggang kendaraan sekelas AP4.

Adanya kendala pada bagian suspensi tidak membuat Rifat Sungkar dan M. Redwan mengendurkan usaha mereka untuk menjadi yang terbaik.

“Lomba kali ini sangat seru. Terjadi persaingan yang cukup ketat dengan M. Rihans dan Ryan Nirwan, saling kejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara,” ujar Rifat Sungkar.

Setelah terjadi pembatalan SS1 di hari pertama akibat kondisi lintasan yang tidak memungkinkan, panitia kembali menghadirkan SS1 yang dilakukan pada hari kedua.

Jadi, di hari Minggu itu lomba berjalan dalam 3 SS. Dan dengan demikian Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 tetap berjalan seperti rencana semula yaitu melombakan 4 Special Stage dengan jarak total SS sejauh 19 km.

Kondisi cuaca yang tidak bersahabat sepanjang event menjadi tantangan tersendiri bagi semua peserta. Kendati demikikian tidak mengurangi keseruan sebuah lomba.


Menurut Rifat, event sprint rally pertama di tahun 2021 ini betul-betul menghadirkan persaingan yang ketat, tidak hanya di Kelas M1 namun hampir merata di semua kelas yang dilombakan.

“Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Sebuah fenomena baru. Tidak hanya itu animo pesertanya sungguh luar biasa. Dengan kondisi cuaca yang kurang bagus, semangat pereli tidak kendur, malah menghadirkan persaingan yang begitu menarik,” ucap Rifat.


Rifat Sungkar dengan membawa bendera Xpander Rally Team sangat mengapresiasi penyelenggaraan event Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 yang tetap berjalan dengan baik meski sempat terkendala oleh cuaca.

Sementara itu di psosisi ketiga pereli Ryan Nirwan dari Balikpapan Kalimantan Timur dengan navigator Adi Indiarto yang masih mengandalkan Subaru WRX berada di urutan ketiga.

Menurut Ryan Nirwan, performa Subaru WRX STi berkelir putih biru, masih harus berbenah agar bisa mengejar maestro rally Indonesia tersebut.

"Kayaknya sudah enggak bisa ngelawan. Waktu latihan sama rifat, dan memang untuk mobil Kelas M.1 dengan spesifikasi normalnya group N, ngelawan AP4 kayaknya gak ngelawan, agak susah," ungkap Ryan kepada mobilinanews.

Selain dipengaruhi spesifikasi mobil, Ryan Nirwan juga merasa performanya di atas lintasan mengalami penurunan dibandingkan pada musim sebelumnya. Terlebih, hampir 1,6 tahun tidak berada di balik kemudi mobil rally-nya.

"Saya memang rada kurang pede nyetirnya. Kalau bicara kesalahan, sebenarnya saya enggak membuat kesalahan, cuma bawanya terlalu pelan, dan adaptasi terhadap mobil belum balik lagi. Saat latihan, saya kalah 2 detik dari Rifat. Tapi begitu balap, hasilnya malah jauh lebih buruk. Selisih waktunya 9 detik," tambah Ryan.


Mengenai lintasan, pada hari pertama Kejurnas Sprint Rally, panitia terus melakukan perbaikan lintasan. Hal ini disebabkan dengan hujan yang turun pada Sabtu (10/4/2021) dini hari sampai pagi. Akibatnya, membuat permukaan tanah menjadi lebih gembur dan ada beberapa titik genangan air. Melihat situasi tersebut, akhirnya lintasan terpaksa dipotong agar pertarungan tetap bisa dijalankan.

"Buat saya ini track baru. Semalam juga hujan dan berapa kali ada revisi lintasan terus. Jadi memang ya karena cuaca hujan dari jam 3 dini hari, sampai pagi harinya, jadi agak kurang maksimal ya," imbuh Ryan.

Selain pasangan Rifat Sungkar dan M. Redwan yang  menjadi juara di grup M, Rizal Sungkar yang berpasangan dengan H. Rizky Fauzi berhasil menjadi juara grup F, Indie Fiancoko / Fendi Bagus Erfianto juara grup R dan Rifky Bachrie / Adhi Kz sebagai juara grup J.

Putaran pembuka Kejurnas Sprint Rally 2021 ini diikuti 95 starter, berlangsung di atas lintasan gravel terletak di pinggir pantai.
 
Putaran pertama Kejuaraan Nasional Sprint Rally Lintas Fortuna Nusantara Tropical 2021 dibuka oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, dan dihadiri Ananda Mikola sebagai Waketum roda 4 serta sejumlah pebalap legendaris.

Editor: Noor Irawan
Foto: Ist
Sumber

No comments:

Post a comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?