KSAD pimpin Sertijab 7 Pati TNI AD, Mayjen Richard resmi jabat Pangdam XVI/Pattimura - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Thursday, 30 December 2021

KSAD pimpin Sertijab 7 Pati TNI AD, Mayjen Richard resmi jabat Pangdam XVI/Pattimura


Jakarta | ZONASATU
-
  Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin serah terima jabatan (Sertijab) 7 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD. Sertijab digelar di Aula Jenderal Besar A H Nasution Lantai III Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad)  Jakarta Rabu, 29 Desember 2021. 

Mayjen TNI Richard Tampubolon resmi menjabat Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura. Richard menggantikan pendahulunya, Mayjen Bambang Ismawan, yang dipromosikan sebagai Komandan Kodiklat TNI. Pelantikan dilakukan berdasarkan KEP Panglima TNI 1128/XII/2021 tanggal 6 Desember 2021.

Alumnus Akademi Militer 1992 ini banyak menghabiskan masa dinasnya sebagai prajurit Kopassus. Dia sebelumnya menjabat Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI.

Richard kenyang pengalaman penugasan di berbagai daerah operasi, baik tempur maupun intelijen. Dia terlibat dalam operasi antara lain di Timor Timur, Papua, Ambon, dan operasi intelijen imbangan masa Darurat Militer Aceh.

Mantan Wakil Danjen Kopassus ini juga pernah ditunjuk sebagai Kepala Operasi (Kaops) Nemangkawi I di Papua, di mana dia menyerbu markas kelompok teroris kriminal bersenjata dan menindak tegas anggota kelompok tersebut.

Kemudian, saat menjadi Dankoopssus TNI, dia memimpin operasi pengejaran terhadap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Sebanyak 7 dari 11 DPO dilumpuhkan pasukan yang dipimpin Richard kala itu.


Sementara itu, pengalaman karier Richard di luar Kopassus antara lain sebagai Danrindam di Kodam VI/Mulawarman dan Danrem 023/KS Kodam I/Bukit Barisan.

Di samping kesibukan di kesatuan militer, dia menggodok atlet Indonesia dalam Program Indonesia Emas (Prima), Komandan Sub Kontingen SEA Games 2009 Vientiane Laos, dan Manajer Asian Games 2010 Guangzhou, China.

Filosofi yang selalu ditanamkan Richard pada prajuritnya adalah 'Otak salah satu otot terkuat dalam pertempuran', 'Dalam sebuah Tim kemenangan tidak ditentukan oleh satu orang, tetapi karena ulah satu orang dapat menyebabkan kehancuran satu tim', serta 'Jadilah prajurit yang profesional, berkarakter, dan berwawasan'.

Jabatan Pati TNI AD lainnya yang diserahterimakan antara lain Irjenad dari Letjen TNI Benny Susianto kepada Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Koorsahli KSAD dari Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi kepada Mayjen TNI Afini Boer. Kemudian, Pangdam XIII/Merdeka dari Mayjen TNI Wanti Waranei F. Mamahit kepada Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh.


Tak hanya itu, jabatan Asrena KSAD dari Mayjen TNI Hendrasto Joko Saksono kepada Mayjen TNI Candra Wijaya, Gubernur Akmil dari Mayjen TNI Candra Wijaya kepada Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, dan Kadislaikad dari Brigjen TNI Yusep Sudrajat kepada Brigjen TNI Jamalulael. 
 
Dalam sambutannya, KSAD Dudung mengatakan kegiatan sertijab merupakan sesuatu yang biasa dan rutin dilaksanakan untuk regenerasi dalam tubuh TNI AD. Tujuannya dalam rangka membangun organisasi. Dudung turut mengucapkan selamat kepada para Pati yang menerima anugerah jabatan. 

Dudung berharap agar para pati bisa amanah dalam menjalankan tanggung jawab jabatannya, sekaligus berterima kasih kepada Pati yang telah melaksanakan tugas dengan baik hingga purna tugas. Acara Sertijab tersebut dihadiri Wakil KSAD, Dankodiklatad, Danpuspomad, Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Danpusterad, Danpussenif, Kaskostrad, dan beberapa pejabat utama lainnya.

Editor: Noor Irawan
Foto: -
Sumber: Dispenad

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


UNESCO menyebutkan Indonesia berada diurutan nomor dua dari bawah soal literasi dunia yang berarti penduduk Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah yaitu 0,001% atau dari 1.000 orang hanya 1 orang yang rajin membaca. Yuk, perkaya literasi dan biasakan membaca sampai selesai.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?