Kebijakan Penanggulangan Terorisme 2022, BNPT usung konsep Pentahelix - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Friday, 7 January 2022

Kebijakan Penanggulangan Terorisme 2022, BNPT usung konsep Pentahelix


Jakarta | ZONASATU
-
 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan mengusung konsep pentahelix dalam kebijakan penanggulangan terorisme tahun 2022. Artinya, penanggulangan terorisme 2022 akan lebih melibatkan kerjasmaa dan kolaborasi multipihak, mulai unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat, komunitas, media hingga pelaku seni.

“Pentahelix ini artinya multipihak. Ini menandakan tantangan dalam menghadapi terorisme berada di semua lini. Kita kembangan terus penetrasi kita ke semua pihak. Tidak ada yang kebal akan ideologi terorisme. Semua pihak harus melawan ideologi terorisme,” ujar Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., pada Rapat Pimpinan (Rapim) di Kantor BNPT di Jakarta, Kamis (6/1/2022)

Konsep multipihak ini akan menggunakan seluruh potensi nasional dalam membentuk kekuatan nasional melawan ideologi radikalisme dan terorisme guna menjaga generasi saat ini dan generasi yang akan datang.

Dalam paparannya Kepala BNPT membagi arah kebijakan menjadi 3 (tiga) bidang, yang terdiri dari bidang operasional, bidang pembinaan dan bidang pembangunan kekuatan. Kepala BNPT juga menekankan dalam pelaksanaan tiga bidang tersebut perlu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak sehingga visi dan misi BNPT dapat tercapai secara optimal.


Mantan Kapolda Papua ini juga mengingatkan pentingnya menguasai ruang publik dalam berjuang mengambil simpati masyarakat untuk bersama-sama menjaga Ideologi Pancasila dari terpaan ideologi transnasional yang merongrong bangsa Indonesia.

“Memperluas desiminasi informasi perlu sebuah inovasi, karena jika follower kita hanya sedikit akan percuma, kanal-kanal informasi kita harus dapat merajai seluruh kanal yang digunakan oleh masyarakat” katanya.

Rapim awal tahun ini dihadiri oleh Sekretaris Utama BNPT, Mayjen TNI Dedi Sambowo,S.IP., Inspektur BNPT, Catur Iman Pratignyo, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., Deputi Bidang Penindakan dan Penegakan Hukum BNPT, Brigjen Pol. Ibnu Suhendra, dan Plh. Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT,  Brigjen Pol. Drs. Kris Erlangga A.W., yang dalam kesempatan yang sama turut memberikan paparan rencana kerja dan anggaran tahun 2022 masing-masing unit kerja.

Editor: Adri Irianto
Foto: -
Sumber: -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


UNESCO menyebutkan Indonesia berada diurutan nomor dua dari bawah soal literasi dunia yang berarti penduduk Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah yaitu 0,001% atau dari 1.000 orang hanya 1 orang yang rajin membaca. Yuk, perkaya literasi dan biasakan membaca sampai selesai.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?